7 Ciri Artikel yang Bagus

Sebagai seorang penulis lepas, saya masih terus belajar memperbaiki tulisan yang saya tulis sampai sekarang. Menulis artikel yang bagus bukanlah hal yang mudah, perlu waktu atau jam terbang menulis yang cukup lama untuk menulis artikel yang bagus.

Dibawah ini, ada ciri-ciri artikel yang bagus yang saya cerna dari situs ini.

1. Orisinalitas

Menulis sesuatu yang asli bukanlah hal yang mudah! Perlu ide yang bagus

Kalaupun masih menulis dengan cara COPAS (Copy Paste), bukan suatu hal yang buruk jika sang penulis tetap menyertakan sumber asli tulisan tersebut. Menurut saya, COPAS adalah tahapan awal penulis pemula sebelum menulis artikel yang lebih bagus dan asli.

2. Tidak bertele-tele

Saya suka dengan pernyataan ini,

Untuk apa menulis suatu artikel lebih dari 1000 kata, jika artikel tersebut bisa dijelaskan dalam kurang dari 500 kata saja.

🙂

3. Menggunakan bahasa yang sederhana

Saya kadang terlalu baku menyampaikan suatu tulisan, dampaknya tulisan tersebut kadang susah dinikmati. Artikel yang menggunakan bahasa yang lebih ‘manusiawi’ merupakan hal yang mudah dimengerti oleh pembaca

4. Ditulis dengan sistematis

Kadang saya melewatkan struktur tulisan yang sistematis, dampaknya kadang tulisan tersebut tumpang tindih, kurang enak dibaca. Suatu tulisan sebaiknya memiliki pendahuluan, inti, dan simpulan.

5. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Untuk yang satu ini, sebenarnya saya kurang setuju

Sebaiknya tentukan target pembaca terlebih dahulu, sebelum memutuskan gaya bahasa yang akan digunakan

6. Enak Dibaca

Poin ini sebenarnya lebih mirip dengan poin ketiga. Ketika tulisan yang telah dimengerti, langkah selanjutna adalah mempoles sedemikian sehingga agar tulisan enak dibaca.

Untuk sampai level ini, butuh jam terbang menulis yang cukup lama

7. Standar SEO

Menurut saya, standar SEO merupakan tantangan selanjutnya, setelah poin 6. Untuk menulis artikel yang mempunyai nilai SEO yang tinggi, penulis harus sering membaca dan mengimplementasikan standar SEO, sedikit demi sedikit.

Ada tujuh poin yang telah dibahas, nampaknya level seorang penulis lepas tediri dari berbagai macam poin. Untuk menulis artikel yang bagus membutuhkan jam terbang yang cukup lama, dan sebaiknya memperhatikan poin tersebut. Tak harus mengimplementasikan semua poin sekaligus, penulis bisa menyelesaikannya setahap demi tahap.

Advertisements

One thought on “7 Ciri Artikel yang Bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s