Artikel 6 Tahun Lalu

Hari ini saya agak heran sekaligus takjub, kontradiktif memang. Baru-baru ini saya membaca tweet yang cukup populer mengenai eksploitasi kelemahan SQL Injection dengan filter yang cukup gila. Yang mengherankan adalah ternyata artikel ini telah ditulis 6 tahun lalu, wow bayangkan!

tweet6

Apakah artikel ini tak terekam mesin pencari atau bagaimana sih?

Setelah melihat fenomena ini, saya mengambil beberapa hikmah yang bisa dipetik, diantaranya:

  • Menulislah apa yang ingin ditulis, entah terindeks atau tidak terindeks mesin pencari, suatu saat tulisan yang telah penulis tulis akan berguna bagi banyak orang.
  • Fokuslah pada topik yang ingin didalami. Pada contoh ini, sang penulis websec benar-benar ahli dalam web security dan tidak terganggu konsentrasinya dengan topik security lainnya
  • Bagikan pengetahuan terbaik dalam tulisan. Tenang saja, teknik-teknik terbaik yang terbaru akan datang kepada pembaca dengan segera. (saya belum melakukannya hehe)

Yang menarik adalah ia juga ikut serta di beberapa CTF dan ia tetap memilih topik web security saja. Benar-benar luar biasa, saya benar-benar salut.

ctf6

Terima Kasih Reiners

Leave a Reply

