Bahasa Pemrograman untuk Kriptografi

Banyak bahasa pemrograman yang bertebar di seluruh Internet, semakin membuat banyak orang bingung untuk memilih yang mana. Sebenarnya setiap bahasa pemrograman tersebut dibuat untuk berbagai tujuan, ada yang khusus dan ada yang umum. Termasuk Kriptografi, banyak bahasa pemrograman yang dipakai dalam implementasi Kriptografi. Namun, manakah yang terbaik?

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan daftar bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk implementasi Kriptografi. Daftar berdasarkan statistik submission challenge yang dilakukan oleh tim Matasano pada tahun 2014.

1. Python 41.03%

Python masih menjadi favorit untuk implementasi kriptografi, khususnya untuk analisis. Dengan kemudahan yang diberikan Python, kita bisa menuliskan salah satu implementasi Kriptografi dengan mudah.

2. Golang 10.72%

Golang termasuk bahasa pemrograman yang relatif baru. Golang dikembangkan oleh Google, dan hingga saat ini, banyak programmer yang menggunakannya untuk implementasi Kriptografi. Tujuan awal Golang, sebenarnya untuk menggantikan bahasa pemrograman C.

3. Ruby 9.48%

Ruby sebenarnya digadang-gadang menjadi suksesor Python, yang juga menawarkan kemudahan dalam koding. Karena sama-sama mudah dalam koding, Ruby menjadi alternatif lain Python untuk mengimplementasikan kriptografi dengan nyaman.

4. C/C++ 8.25%

Sang legenda C/C++ merupakan bahasa pemrograman yang bisa dikatakan, bahasa pemrograman “resmi” kriptografi, karena telah menjadi standar berbagai institusi pengatur standar seperti FIPS, NIST, dan lain-lain. Performa terbaik masih dipegang oleh C/C++, dan mengapa jumlahnya sedikit? Salah satu alasannya bahasa pemrograman ini susah dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman turunannya.

5. C# 4.12%

C# merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Tak heran banyak library kriptografi yang dibangun dengan bahasa pemrograman C#, karena vendor Microsoft telah menyediakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Posisi selanjutnya disusul oleh Java 3.92%, Haskell 3.71% dan bahasa pemrograman lainnya. Sebenarnya bahasa pemrograman yang terbaik untuk Kriptografi masih relatif, masing-masing punya kelebihannya masing-masing. Jika menginginkan performa selain C/C++, lebih gila lagi mengimplementasikannya dengan Assembly. Jadi, silahkan pilih yang terbaik bagi pembaca yang khususnya sedang mengambil Kriptografi sebagai topik tugas akhirnya maupun yang mempelajari Kriptografi untuk tujuan lain 😀

Keep Fun Coding

Advertisements

2 thoughts on “Bahasa Pemrograman untuk Kriptografi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s