Pemrograman PERL Lanjutan Bagian 15: Common Gateaway Interface

perl-logo

Pada tulisan sebelumnya membahas mengenai HTTP Header dan variabel environment CGI. Pada tulisan hari ini akan membahas mengenai metode GET dan POST pada program CGI.

Pernah menemui kotak dialog “Download File”?

Kadang anda ingin memberi pilihan dimana pengguna akan klik sebuah link dan memunculkan kotak dialog “Download File” untuk pengguna begitu juga konten aktual. Hal ini sangat mudah dan dapat dicapai melalui HTTP Header.

HTTP Header ini akan berbeda dari header yang telah dibahas sebelumnya. Contoh, jika anda ingin membuat sebuah nama file untuk file yang bisa diunduh dari link yang diberikan maka anda bisa mengikuti cara dibawah ini.

kodecgi3

Ini outputnya.

cgi4

Metode GET dan POST

Anda harus bisa melewati berbagai situasi ketika anda butuh untuk mengirim informasi dari browser anda ke web server dan pada akhirnya program CGI menangani permintaan anda. Kebanyakan browser menggunakan dua metode untuk mengirim informasi ke web server. Metodenya adalah GET dan POST. Mari coba satu per satu.

Menggunakan Metode GET

Metode GET mengirim informasi pengguna yang disandikan ke URL halaman itu sendiri. Halaman dan informasi yang disandikan dipisahkan menggunakan karakter ? seperti berikut:

yanapermana.com/cgi-bin/hai.cgi?key1=value1&key2=value2

Metode GET merupakan metode default yang mengirim informasi dari sebuah browser ke web server dan menghasilkan string panjang yang muncul di Location:box pada browser anda. Anda sebaiknya jangan menggunakan method GET jika anda ingin mengirim password atau informasi yang sensitif ke server. Metode GET mempunyai batas hanya 1024 karakter yang dapat dikirim dalam string permintaan.

Informasi yang dikirim menggunakan header QUERY_STRING dan akan lebih mudah diakses dalam program CGI anda. Dengan variabel environment QUERY_STRING anda dapat parse dan menggunakannya dalam program CGI anda.

Anda dapat mengirim informasi dengan hanya concatenating nilai kunci yang berpasangan dan disertai URL atau anda dapat menggunakan HTML <FORM> tag untuk mengirim informasi dengan metode GET.

Contoh URL Sederhana: Metode GET

Dibawah ini adalah script get.cgi untuk menangani input yang diberikan oleh browser.

kodecgi4

Setelah coding coba jalankan.

cgi5

Contoh Form Sederhana: Metode GET

Berikut contoh sederhana dalam mengirim dua nilai menggunakan form HTML dan tombol submit. Kita akan menggunakan script sebelumnya untuk menangani input ini.

kodecgi5

Setelah dijalankan akan menampilkan output seperti dibawah ini.

cgi6

Setelah mengisi form dengan lengkap dan submit maka hasilnya seperti ini.

cgi7

 

Menggunakan Metode POST

Metode yang lebih reliabel untuk mengirim informasi pada program CGI adalah metode POST. Paket informasi ini persis seperti metode GET, namun baru terkirim ketika setelah karakter ? dalam URL, dikirim sebagai pesan yang terpisah dari bagian header HTTP. Server menyediakan pesan ini ke dalam script CGI pada standar form input.

Dibawah ini adalah script post.cgi untuk menangani input yang diberikan oleh web browser. Script ini akan menangani metode POST.

kodecgi6

Kemudian buat form HTML.

kodecgi7
Seperti ini.

cgi8

Ini hasilnya ketika sudah disubmit.

cgi9

 

Demikian tulisan hari ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

One thought on “Pemrograman PERL Lanjutan Bagian 15: Common Gateaway Interface

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s