PEMROGRAMAN PERL Lanjutan Bagian 12: Common Gateaway Interface

perl-images

Setelah kemarin membahas mengenai akses database, pada tulisan kali ini akan membahas mengenai CGI.

Apa itu CGI?

Kepanjangan CGI adalah Common Gateaway Interface, yang merupakan sekumpulan standar yang mendefinisikan bagaimana penukaran informasi antara web server dan custom script.

Spesifikasi CGI dikembangkan oleh NCSA dan NCSA sendiri mendefinisikan CGI sebagai berikut:

“The Common Gateway Interface, or CGI, is a standard for external gateway programs to interface with information servers such as HTTP servers.”

Yang artinya CGI sebagai standar eksternal gateaway sebuah program juga sebagai antarmuka informasi server seperti HTTP server.

Versi CGI saat ini adalah CGI/1.1 dan CGI/1.2 sedang dalam progress pengembangan.

Web Browsing

Untuk memahami konsep CGI, mari lihat apa yang terjadi ketika kita klik sebuah hyperlink pada halaman web untuk menjelajahi sebuah keterangan halaman web atau URL.

Browser anda terhubung dengan web server menggunakan HTTP protokol dan melakukan permintaan untuk URL seperti nama file halaman web.

Web server akan memeriksa URL dan akan melihat nama file yang diminta. Jika web server menemukan file tersebut maka dia akan mengirimkan file kembali ke browser tanpa eksekusi lebih lanjut dan sebaliknya dia akan mengirimkan pesan error yang mengindikasi bahwa anda telah meminta file yang salah.

Browser web menerima tanggapan dari web server dan menampilkan salah satu konten file yang diterima atau pesan error dalam kasus file yang tidak ditemukan.

Bagaimanapun, sangat mungkin untuk mengatur HTTP server dalam suatu metode, jadi bilamana sebuah file dalam direktori khusus diminta maka file tidak dapat dikirim kembali; apalagi program yang dapat dieksekusi, dan terserah luaran program yang dihasilkan, hal tersebut dikirim kembali ke browser anda untuk ditampilkan. Hal ini ini dapat diselesaikan dengan menggunakan kemampuan fungsional yang spesial dalam web server yang disebut Common Gateaway Interface (CGI). Sedangkan program yang dieksekusi oleh server untuk membuat hasil final disebut script CGI. Program CGI sendiri dapat dibuat menggunakan PERL, C, dan lain-lain.

 

Semoga bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “PEMROGRAMAN PERL Lanjutan Bagian 12: Common Gateaway Interface

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s