Pemrograman PERL Lanjutan Bagian 1: OOP Package

Wah kemarin gak posting gara-gara terlalu capek (dan kuota habis haha), sekarang udah agak baikan. Tulisan hari ini bakal bahas mengenai Object Oriented Programming (OOP) dalam pemrograman PERL. Gak tahu OOP? Kalau Oops? Hmm kalo makanan aja, tahu.


Pemrograman OOP sendiri  berbeda dengan pemrograman prosedural seperti yang dibahas kemarin (Bagian 1-7). Apa bedanya? Bedanya yaitu jika dalam membuat program dengan skala besar bagusnya menggunakan class namun jika skala kecil gunakan prosedural saja. Jika OOP bisa digunakan berkali-kali, namun untuk prosedural tidak bisa dan membuat coding mubazir.
Oke cekidong kode berikut:

kode22.pm
kode22pm

kode23.pl

Kode23

Wuaah, banyak beud kodingnya. Tenang gak bakal pingsan kok, pusing sih iya. Ini outputnya:

Perl22_23

Jika dalam pemrograman PHP dan JAVA menggunakan Class, namun untuk pemrograman PERL sendiri menggunakan Package. Fungsinya sama dengan Class.

Dalam kode22.pm terdapat 3 buah subrutin yang masing-masing punya tugas sendiri. Mulai dari sub new dimulai dengan deklarasi variabel di line 7. Di line 8-12 agak berbeda karena menggunakan deklarasi hash, seperti array.
Nah untuk kelanjutannya besok aja deh (TS nya juga ikut pusing haha) biar lebih jelas. Demikian tulisan hari ini semoga bermanfaat.

Advertisements

5 thoughts on “Pemrograman PERL Lanjutan Bagian 1: OOP Package

  1. Saya bukan programer PERL. Namun saya pengguna produk-produk PERL, seperti lintian, Shutter, dan kawan-kawannya. Tak disangka, saat ini saya melihat akang menulis soal PERL dalam Bahasa Indonesia. Betapa jarang yang seperti ini. Saya harap akang konsisten melakukannya di blog ini.

    Malsasa
    #ubuntu-indonesia @ freenode

    Like

      • Boleh saya memberi saran, Kang? Sebaiknya blog ini memiliki widget khusus Recent Comment. Supaya komentator aktif bisa langsung tahu kalau komentar dia sudah akang balas. Satu lagi, alangkah bagus kalau blog ini punya widget khusus kumpulan pranala yang jadi fokus blog. Misalnya pranala khusus PERL, di dalam satu widget. Biar pengunjung to the point, nggak usah cari-cari dulu.

        Maaf, hanya sekadar saran, Kang.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s