Belajar Pemrograman PERL Buat Apa?

Belajar PERL buat apa?

 

Setelah berakhirnya pemrograman dasar Perl kemarin. Sekarang aku mau share sebenarnya belajar Perl buat apa seh? (Hehe) Banyak orang nggak tahu, termasuk aku (Haha YDS). Semakin berkembangnya tahun, bahasa pemrograman selalu berkembang. Seperti saat ini Java dan PHP masih memuncaki klasemen bahasa pemrograman (Ini bukan bola coeg haha). Tapi nggak seharusnya fanatik sama suatu bahasa pemrograman. Kalau udah fanatik wah apa pengin dibikin pake PHP misalnya. Bikin game pake PHP, bikin tools networking pake PHP, bikin multimedia pembelajaran pake PHP (Mother of PHP haha).


Maka dari itu bukan skill full namun lebih ke cepat adaptasi, ini aku kutip dari dosen. Karena itju aku coba Perl untuk mengetahui seberapa cepat waktu adaptasi pembelajarannya ini cukup bagus, karena menyangkut pendidikan (Hmm TS nya so tinggi huuu…). Biar nanti di SMK nggak melulu Java dan PHP haha. Udah terlalu banyak cincau, sekarang lihat apa gunanya belajar PERL.
1. Pengembangan Aplikasi Web
Huahaha, ini kalau di kuliah bakal ditemui di pemrograman internet. Dosen nya greget soalnya, haha. Trus aplikasi web yang pake PERL di Indonesia apa dong? Kalo di Indonesia yang sudah pake PERL adalah situs tokopedia.com (Ingat ini bukan promosi kowkwow). Nah bisa belajar dari sana tuh biar buat web sekeren ituuu. Terus kalau aplikasi web di dunia apa saja gan? Banyak buanget dweeeh, (Wanjeer alay) seperti situs livejournal.com, IMDB.com yang suka nofi pasti tau, booking.com, ticketmaster dan lain-lain.

2. Uji Otomasi
Nah ini, ini saya nggak tahu (haha) bukan jurusan non-dik. Bakal ditemui di mata kuliah teori bahasa automata, nanti pemrograman PERL bisa dipakai disana.

3. Alat jaringan dan keamanan
Tahu Slackware, Backtrack, Kali, FreeBSD? Nah itu nama-nama distro Linux (TSnya mabok). Nggak, jadi distro yang sudah disebutkan diatas punya banyak alat jaringan dan keamanan yang terbuat dari bahasa pemrograman PERL. Nggak percaya? Coba install dan bedah (Hehe).

4. Sistem Administrasi
Ini kalau di kuliah bakal ketemu di mata kuliah sistem operasi. Mengapa? salah satu tujuan awal dari Perl adalah untuk menyatukan dan mengganti semua alat-alat kecil yang tersedia di Unix. Hari ini setiap sistem Unix atau Linux selalu hadir dengan PERL dan banyak dari mereka bergantung pada PERL untuk melakukan semua tugas yang berhubungan dengan manajemen sistem. Contoh toolsnya yakni SpamAssassin merupakan salah satu filter Spam terkemuka.

5. Bioinformatika
Kalau yang ini kurang tahu juga, karena nggak ada di jurusan (Haha). Bioinformatika merupakan gabungan biologi dan informatika (YDS). Ini kata wikipedia

“Bioinformatika (ilmu yang mempelajari) penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis”’

Nah bagi yang ingin mempelajari Genom DNA manusia ataupun terkait biologi dengan komputasi bisa pake pemrograman PERL ini situsnya bioperl.org

6. Pengembangan Aplikasi Desktop
PERL juga bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop. Contoh toolkitnya agar aplikasi bersifat cross platform antara lain Perl / Tk, GTK2 Perl, dan wxPerl. Beberapa aplikasi yang dibuat dengan pemrograman PERL antara lain PERL IDE, Zim, Padre dan lain-lain.

7. Pengembangan Game
Siapa yang nggak tahu game sejuta umat the Frozen Bubbble pas aku jaman SD ini ternyata terbuat dari bahasa pemrograman PERL. Permainan paling melegenda (Haha). Ini menggunakan SDL PERL dalam pengembangannya.

Nah, oleh karena itu pemrograman PERL sangat banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan. Dan hal lain adalah nggak boleh fanatik sama 1 hal, karena yang ada sekarang adalah dituntut untuk cepat adaptasi. Oke sekian artikel hari semoga bermanfaat. Udah gitu aja (TS nya mau makan dulu).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s