Pemrograman PERL Bagian 1: Variabel dan Operator Aritmatika

Hari ini saya mau mencoba hal baru yakni belajar tentang pemrograman Perl. Ada yang tahu Perl itu apa? Jadi mulai dari kepanjangannya dulu, Perl adalah Practical Extraction and Report Language. Nah mulai bingungkan (Hahaha). Jadi nggak usah bingung, Perl ini ditemukan oleh Larry Wall pada tahun 1986. Dia menggunakannya untuk konfigurasi suatu sistem yaiut WAN. Tahu WAN? Bukan bakwan apalagi … apa yah? Haha sudahlah. WAN itu Wide Area Network.

Perl itu bahasa yang katanya optimal yang digunakan untuk parsing (pengambilan token), pencarian dengan pola tertentu, dan menangani informasi suatu string serta menangani data dalam ukuran besar (big data). Jadi saya nggak tahu parsing itu gimana? Dan pencarian pola yang dimaksud itu apa? Dan lain lain.

Sudah semakin pusing, lebih baik praktekan saja pemrograman Perl itu. Diawali dengan program pertama mengenai perintah dan komentar.

kode1.pl

#!/usr/bin/perl
#Ini adalah program Perl pertama saya
print “Selamat belajar pemrograman perl”

Nah, sekarang dicoba terminal. Hasinya seperti berikut:
Perl1

Sudah lihat kan, ternyata mirip seperti pemrograman lainnya kaya C, dan Bash (sh).  Selanjutnya adalah tentang Header dalam pemrograman Perl. Header pada Perl digunakan untuk definisi kompiler Perl.

#!/usr/bin/perl

Mirip seperti C dan Bash.

Kemudian dalam Perl, tipe datanya apa saja sih? Dalam Perl digunakan 2 tipe data saja yakni skalar dan array. Skalar disini merupakan gabungan angka dan string, intinya mereka didefinsikan menggunakan variabel $ mirip dengan pemrograman PHP dan Bash. Berikut contoh program Perl yang menggunakan variabel skalar.

kode2.pl

#!/usr/bin/perl
$mhs = 45;
print “Mahasiswa jurusan pilkom berjumlah $mhs orang \n”

Berikut penampakan outputnya:
Perl2

Apa saja operator dalam Perl? Ada yang tahu?

+

/
*
**
-=
+=
/=
*=
++

Yang saya baru tahu adalah operator ** yaitu pemangkatan. Ternyata ada pemangkatan dalam Perl. Mari coba dengan program.

kode3.pl

#!/usr/bin/perl

$a = 3;
$b = 8;

$c = $b ** $a;

print ‘$a = ‘,”$a \n”;
print ‘$b = ‘,”$b \n”;
print ‘$c = ‘,”$c \n”;

Hasilnya adalah sebagai berikut:

Perl3

Pada perintah print mirip dengan bahasa C, namun tidak ada tanda kurung ( ) .

Advertisements

One thought on “Pemrograman PERL Bagian 1: Variabel dan Operator Aritmatika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s