5 Instansi Besar Yang Menggunakan Desktop Linux

Bukan hanya dewan kota Munich yang menggunakan Linux pada desktop. Sejumlah instansi besar juga telah memilih untuk open source. Keputusan dewan kota Munich untuk pindah dari Windows ke Linux mungkin di bawah pengawasan, tapi perlu diingat itu bukan satu-satunya organisasi besar telah memilih open source untuk desktop-nya.

Sistem operasi desktop berbasis Linux-menghadapi hambatan untuk adopsi luas dan skeptisisme tentang prospek masa depan mereka karena penggunaannya yang terbatas hari ini. Namun pengguna utama memang ada, termasuk perusahaan seperti Google dan sejumlah kecil namun tumbuh dari badan pemerintah. Berikut adalah lima 5 instansi besar yang menggunakan desktop Linux di seluruh dunia.

google-logo
1. Google
Mungkin perusahaan besar yang paling terkenal untuk menggunakan Linux pada desktop adalah Google, yang menyediakan Goobuntu OS untuk stafnya.

Goobuntu adalah versi reskinned Long Term Support varian Ubuntu. Jika Googler ingin menggunakan Windows, mereka harus lapor secara khusus untuk meminta itu. Karena, dalam kata-kata pengembang perangkat lunak Google dan Gregorian Thomas Bushnell: “Windows lebih sulit karena memiliki masalah keamanan ‘khusus’, sehingga memerlukan izin tingkat tinggi sebelum seseorang dapat menggunakannya. Dan Windows cenderung berat dan tidak fleksibel. Ada puluhan ribu pengguna Goobuntu, mulai dari desainer grafis dan orang-orang penjualan sampai insinyur dan manajer.

nasa-logo
2. NASA
Mengorbit beberapa 250 mil di atas kepala kita adalah pengguna Linux yang benar-benar ada diluar planet ini.

Tahun lalu NASA mengumumkan telah beralih laptop yang digunakan untuk fungsi-fungsi kunci di papan Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Windows XP ke Debian 6.

Ada puluhan laptop di papan stasiun. Peran komputer ‘sangat penting sebagai kru menggunakan laptop untuk mengakses komputer perintah-dan-kontrol stasiun, menggunakan GUI yang memungkinkan mereka untuk menavigasi melalui skema dari berbagai sistem stasiun ini – misalnya, pemanasan atau listrik.

“Kami bermigrasi fungsi utama dari Windows ke Linux karena kami membutuhkan sebuah sistem operasi yang stabil dan dapat diandalkan -. Salah satu yang akan memberi kita kontrol di rumah Jadi jika kita perlu menambal, menyesuaikan atau beradaptasi, kita bisa,” Keith Chuvala Amerika ruang Alliance, kata seorang kontraktor NASA pada saat changeover.

gendarmerie-perancis
3. Gendarmerie Perancis
Seperti Munich, gendarmerie pasukan polisi militer Perancis – telah menghabiskan hampir satu dekade beralih ke Linux dan software open-source.

Proyek migrasi, karena untuk menyelesaikan tahun ini, Anda akan melihat migrasi 72,000 PC dari Windows XP ke GendBuntu (versi organisasi dari distro Ubuntu LTS).
Bersamaan dengan pergeseran sistem operasi, organisasi ini juga beralih office suite yang dari Microsoft ke OpenOffice, browser default-nya dari IE ke Firefox, dan pindah ke Thunderbird untuk email, serta editor gambar GIMP dan video player VLC.

Peluncuran GendBuntu terjadi secara bertahap. Pada awalnya, 5.000 PC yang ditransfer melalui sebagai tes peluncuran – digambarkan sebagai “fase buatan” – dan di tahun-tahun berikutnya, “fase industri” dimulai, 30.000 atau lebih membuat perubahan, menjelang migrasi dipercepat akhir .

Organisasi tersebut memperkirakan bahwa TCO dari desktop akan turun 40 persen antara tahun 2008 dan 2014 ketika penyebaran selesai – menghubungkan tabungan untuk pengurangan lisensi perangkat lunak.

 

dod-logo

4. Departemen Pertahanan AS

The US Department of Defense (DoD) telah mengembangkan sistem operasi berbasis Linux untuk membantu log staf pemerintah ke jaringan aman dari PC yang berbahaya.

Portabel Keamanan distro dirancang untuk dijalankan langsung dari CD atau USB stick. Idenya adalah bahwa karyawan DoD dapat konektor USB stick ke komputer di hotel atau di rumah dan boot ke desktop murni yang tidak akan meninggalkan jejak aktivitas di hard disk komputer. Dan DoD disetujui pembaca kartu akses umum, seperti yang diperlukan untuk otentikasi pengguna pada jaringan DoD.

cern-logo
5. CERN
Laboratorium Penelitian Nuklir  Eropa CERN yang eksperimen tentang tabrakan partikel ketika mendekati kecepatan cahaya yang ditemukan Higgs Boson – adalah pengguna Linux lama.

Para peneliti di CERN mengandalkan lebih dari 3.000 desktop menjalankan versi disesuaikan dari Scientific Linux, versi Red Hat Enterprise Linux, Ubuntu atau CentOS CERN 7.

Percobaan di CERN menghasilkan sejumlah besar data. Ketika Large Hadron Collider beroperasi, accelerator partikel yang digunakan dalam percobaan yang mendeteksi Higgs Boson menghasilkan beberapa 30PB data dalam setahun. Volume besar adalah apa yang tersisa setelah lebih dari 90 persen dari data yang dikumpulkan oleh sensor di dalam collider telah dibuang.

Terima Kasih TechRepublic

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s