7 Text Editor Programmer yang Open Source

Setelah kemarin menulis artikel tentang text editor untuk programmer. Tulisan kali ini juga membahas text editor namun yang bersifat open source. Sebenarnya open source itu apa sih? Menurut Schmidt (2003 : 475), Open-source software (OSS) adalah perangkat lunak yang kode sumbernya terbuka, yang tersedia secara bebas, untuk umum. Jadi intinya gratis. Geany, Atom, Komodo-Edit, Scribes, dan Gedit termasuk open source. Berikut 7 text editor programmer yang open source.

nano-logo
1. Nano
Text editor ini tidak mempunyai GUI. Karena Nano merupakan text editor yang ada dalam shell. Untuk sistem operasi yang mengadopsi text editor berbasis shell adalah UNIX dan turunannya seperti Linux.
Situs: nano-editor.org

netBeans
2. NetBeans
NetBeans juga merupakan Integrated Development Environment untuk pengembang perangkat lunak. Mendukung pengembangan desktop, enterprise, web, dan aplikasi mobile. Paket termasuk IDE Base, Development Tools Java dan Plug-in Development Tools. Dukungan untuk PHP, Ruby, C / C ++, Java EE dan lain-lain dapat ditambahkan.
Situs: netbeans.org

 

VIM-logo
3. VIM
Nah untuk VIM, juga merupakan text editor yang bisa dimunculkan dalam shell dan juga GUInya. VIM juga mudah digunakan, namun jika Anda baru pertama menggunakan VIM anda akan bingung karena VIM punya kursor sendiri berbeda dengan yang lain.
Situs: vim.org/

code-blocks-logo
4. Code :: Block
Code :: Blocks adalah cross-platform Integrated Development Environment (IDE). Hal ini didasarkan pada kerangka plugin yang dikembangkan sendiri yang memungkinkan diperpanjang tak terbatas. Sebagian besar fungsinya sudah disediakan oleh plugin.
Situs: codeblocks.org/

bluefish-logo
5. Bluefish Editor
Bluefish adalah editor GTK + HTML untuk desainer web berpengalaman. Fitur-fiturnya meliputi wizard yang bagus untuk startup, tabel dan frame; ada thumbnail dan secara otomatis menghubungkan dari thumbnail dengan gambar asli.
Situs: bluefish.openoffice.nl/index.html

gnu-emacs-logo
6. GNU Emacs
GNU Emacs adalah teks editor yang extensible. Paket ini berisi versi Emacs dengan antarmuka pengguna yang belum berubah semenjak veri Lucid (Ubuntu).
Situs: gnu.org/software/emacs/

eclipse-logo
7. Eclipse
The Eclipse Platform adalah sebuah platform terbuka. Dan menyediakan dasar untuk membangun dan menjalankan perangkat lunak pengembangan terpadu seperti text editor dan berbagai plugin didalamnya. Eclipse Platform memungkinkan alat pembangun untuk mandiri mengembangkan alat yang terintegrasi dengan alat lain sehingga Anda tidak perlu membuat dari nol.
Situs: eclipse.org/downloads/

Demikian tulisan tentang ‘7 Text Editor Programmer yang Open Source’ dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s